Pentingnya Belajar C++ Sebagai Dasar Pemrograman

Tulisan ini mungkin sebaiknya menjadi tulisan awal pada BLOG ini. Namun secara tidak sengaja tulisan ini terlupakan karena saya pikir tanpa membaca tulisan ini pun, banyak diantara kita sudah punya alasan sendiri-sendiri untuk memulai belajar C++, salah satunya adalah karena pemrograman C++ umumnya harus dipelajari oleh teman-teman yang mengambil jurusan seperti Sistem informasi,  Teknologi Informasi dan Komputerisasi Akuntansi. Bahasa ini menjadi bahasa pengantar untuk pengenalan dunia pemrograman. Dulu sewaktu memulai belajar pemrograman, alasan utama saya juga karena kami diharuskan menggunakan bahasa pemrograman C/C++ untuk mengimplementasikan teori Algoritma dan Struktur Data (ASD).
Bahasa Pemrograman Mana Yang Harus Saya Pelajari ?
Sekarang saya belajar C++ dan saya juga akan mulai belajar bahasa pemrograman yang lain seperti Java, Delphi, Visual Basic dan mulai berpikir bahasa pemrograman mana yang sebaiknya saya kuasai agar mempermudah saya dalam mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Pada saat ini pemrograman Java sedang menjadi Idola. Bagi yang menguasai pemrograman satu ini bisa dipastikan akan mudah mendapatkan pekerjaan. Dalam dunia pemrograman kita dituntut untuk bisa belajar pemrograman sesuai dengan tuntutan proyek. “Jika konsumen menginginkan Java maka kita harus pakai java, jika konsumen menginginkan Visual Basic maka kita juga harus menggunakan Visual Basic walaupun sebelumnya kami tidak mempunyai pengalaman dengan Visual Basic“, ungkapan seorang progremer.
Saya menyimpulkan bahwa sebaiknya kita benar menguasai betul konsep pemrograman dan logikanya, karena dengan demikian kita akan bisa belajar dengan cepat bahasa pemrograman yang lain.
Apakah bahasa C/C++ bisa dibutuhkan juga dalam dunia kerja ?
Jawabannya adalah Ya. Teman-teman bisa browsing dan cari informasi tentang lowongan kerja sebagai programmer C++, tentu teman-teman akan menemukan. Di Jerman misalnya, perusahaan yang bergerak dibidang embedded system umumnya mencari programmer C++ dan gaji yang ditawarkan juga tidak tanggung-tanggung. Menurut saya hal ini sangat beralasan, karena untuk membuat program pada embedded system, dibutuhkan orang-orang yang betul-betul menguasai bagaimana memanajemen program sehingga bisa berjalan dengan cepat dan juga bisa menggunakan memori yang tersedia dengan baik. Jika hal ini tidak diperhatikan, error yang akan muncul adalah runtime error yang sulit dimengerti jika dibandingkan dengan compiletime error.
Apakah program C/C++ digunakan juga untuk membuat aplikasi canggih yang ada saat ini?
Jawabannya lagi-lagi IYA. Saya yakin teman-teman tahu tentang aplikasi google earth, skype. Aplikasi ini dibuat menggunakan QT yang menggunakan C++ sebagai modul intinya.
Belajarlah dengan giat dan jangan mudah putus asa, perbanyak latihan dan baca buku

Mari Berlatih Bahasa C++
Tulisan tentang “Mari Belatih Bahasa C++” adalah seri belajar bahasa pemrograman C++ dari awal yang ditujukkan untuk teman-teman yang baru belajar pemrograman. Harapannya adalah denganmengikuti seri ini, teman-teman akan belajar menggunakan pengetahuan yang sudah dipelajari di bangku kuliah atau pelajari lewat materi yang disediakan di website ini, untuk menyelesaikan persoalan mulai

dari yang tingkat dasar sampai dengan tingkat lanjut. Dengan berlatih, mudah-mudahan kemampuan pemrograman teman-teman akan bisa semakin baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s